Monday, June 25, 2007

Persiapan menyambut tahun ajaran baru


Alhamdulillah tanggal 16 Juli 2007 sudah semakin dekat, detik2 menyambut kedatangan tahun ajaran baru sudah didepan mata, ini lah saat untuk membuktian kekompakan team work ini. Kami menyadari TB dan TK Primagama ini menjadi pioner di Kalimantan. Oleh sebab itu begitu banyak mata yang memperhatikan sepak terjang kami, jika kami sukses di Samarinda maka dalam waktu dekat di Balikpapan, Bontang, Sangata dan kota2 lain di Kalimantan akan menyusul di buka. Jika melihat kebelakang ide pendirian lembaga pendidikan ini berawal dari acara Nyantrik peserta Entrepreneur University (EU) dimana dari Samarinda diikuti oleh beberapa orang termasuk pak Juni, Chandra dan Hadi. Saya sendiri saat itu tidak bisa ikut karena masih dinas keluar kota. Dari kunjungan ke tempat2 usaha di Yogyakarta tersebut ternyata pak Chandra mencium peluang bisnis TB&TK Primagama. Gagasan tersebut mulai dimatangkan oleh beliau hingga didapatkan 6 orang yang tertarik termasuk saya sendiri yang ditawari melalui telpone. Alasan ketertarikan saya dikarenakan dari dulu saya lebih mencintai bisnis di dunia pendidikan sehingga tawaran ini saya langsung ambil dan benar saja dalam rentan waktu 5 bulan ini sejak Februari kami sudah berproses walaupun dari 6 orang pemegang saham menjadi 4 saja. Tapi dengan kesolidan tersebut kami tetap maju walaupun rintangan menghadang seperti masalah dana. Adapun beberapa step yang kami lalui adalah sebagai berikut :

1. Mencari kontrakan
2. Membayarkan Master Frenchise
3. Merekrut karyawan
4. Persiapan perlengkapan yang mendukung kegiatan belajar dan mengajar
5. Persiapan bunda2 pengajar dengan training kurikulum di Yogyakarta
6. Marketing
7. Mmbuka pendaftaran
8. Pematangan secara institusi untuk menyambut tahun ajaran baru

Ada beberapa hikmah yang dapat saya rasakan :
1.Take Action dahulu, jangan berpikir-pikir dulu dalam mengambil peluang. Gunakan otak kanan dahulu baru kemudian otak kiri, karena jika kalkulasi terlebih dahulu apakah bisnis ini untung atau tidak maka setelah melihat angkanya yang besar maka semangat kita akan menciut, alhasil boro2 maju kita malah mundur teratur dari persaingan.

2.Jangan pernah meremehkan semangat dan motivasi, tanpa itu maka proses selanjutnya hanya angin lalu saja. Semangat dan motivasi lah yang saya gunakan untuk mendapatkan pinjaman modal he..he.., seandainya saya tidak yakin maka saya pun tidak punya keberanian untuk mempresentasikan peluang2 usaha ini ke orang2 yang meminjamkan modalnya.

3.Jangan pernah takut GAGAL karena kegagalan adalah pembelajaran, tanpa pembelajaran kita tidak tahu mana bisnis yang prospek mana yang tidak, semakin sering kita gagal maka jam terbang kita semakin tinggi secara otomatis feeling kita terhadap prospek bisnis semakin kuat. Hal itu tidak kita dapatkan dalam dunia kerja, semakin sering kita buat kegagalan maka ancaman pemecatan semakin dekat he..he...

4.Menjalankan usaha lebih baik dalam status TDA, maksudnya jika kita masih bekerja (AMPHIBI) maka usaha yang kita bangun tidak maksimal dan hal ini saya rasakan sendiri, ada kemudahan yang saya rasakan saat ini dimana 2 orang dari OWNER ini sudah TDA sehingga mereka lebih totalitas, cuma mau sampai kapan mereka terus2 seperti itu yang seharusnya bisnis ini dijalankan oleh 4 orang dalam kondisi yang sama, saya merasakan ada yang ganjil saja walaupun sampai detik ini kami masih solid. Oleh sebab itu saya memberikan komitmen saya kepada mereka bahwa akhir tahun 2007 ini saya harus sudah menjadi TDA. Bagaimana pun caraya saya harus sudah mapan secara financial sehingga saya bertekad dalam hati bahwa awal tahun 2008 merupakan lompatan bisnis saya akan terjadi. Pengembangan TB&TK Primagama ke suluruh kota di Kalimantan tidak bisa saya lakukan hanya di meja kantor saya saat ini saja, saya harus banyak dilapangan untuk membangun pondasi bisnis ini.

5.Kekuatan Doa memegang peranan penting dalam kelancaran bisnis kita, doa adalah senjata sekaligus tameng kaum beriman, tanpa doa ibarat berperang tanpa senjata dan perisai. Allah SWT lah yang menjadi tujuan hidupku, saya membangun bisnis ini sebenarnya untuk Dia, semakin saya Financial Freedom semakin banyak yang bisa saya lakukan untuk umat ini. Saya ingin menjadi pintu rejeki dan pintu rahmat bagi hamba Allah yang lain.

Amin......semoga tulisan ini terus mengilhami, memotivasi dan menginspirasi diriku sepanjang masa, tulisan ini akan kubuka ketika kurasakan ada penurunan motivasi.

Salam FUNtastic,

No comments: