Sunday, July 15, 2007

Warming up sebelum kick off

Kemarin, Sabtu tanggal 14 Juli 2007 telah dilaksanakan pertemuan formal pertama antara pihak pengelola TK dan Playgroup Primagama cabang Samarinda dengan orang tua murid. Pertemuan berjalan baik dimana dari rencana 50 orang tua murid dihadiri sebanyak 30 orang tua murid, pertemuan ini pula menjadi kebanggaan para Owner (saya, Juni, Candra dan Ahadi) karena seluruh staff pengajar menjalankan tugasnya denganbaik, tidak ada kecanggungan diantara mereka. Pada kesempatan ini pula kami patut berbangga karena pada hari dilaksanakan Contact Learning, Ibu Rika perwakilan Primagama Yogyakarta berkesempatan hadir langsung dalam acara tersebut. Sehingga para orang tua dari murid mendapatkan penjelasan secara detail.

Beberapa hari sebelum acara ini kami telah melakukan beberapa persiapan seperti pembelian genset (karena kaltim hampir tiap hari byar..pet), penyempurnaan lukisan outdoor, penyiapan materi untuk acara tersebut, dll. Acara contact learning ini sendiri menjadi acara pembuka sebelum dimulainya kurikulum baru pada tanggal 16 Juli nanti. Dari semua persiapan yang telah dilakukan, Ibu Rika merasa puas atas kinerja kami (para owner dan staff pengajar) dan menjadi tanggung jawab bersama kami untuk mengemban amanah dari 50 orang tua murid yang telah menitipkan anak2 mereka kepada kami. Nama besar Primagama memang menjadi bukti bahwa lembaga pendidikan ini telah dipercaya oleh masyarakat, dan menjadi awal pembuktian kami bahwa kami mampu mengemban nama besar Primagama.

TK dan playgroup ini merupakan bisnis pertama saya yang membutuhkan investasi lebih dari 100 juta. Sungguh pengalaman yang berarti bagi perjalanan saya menuju TDA, beberapa hari lagi kami berempat akan mulai membuka Perseroan Terbatas, ternyata mencari nama yang cocok tidak semudah menjalankan bisnisnya......(he..he..). Sudah hampir 3 bulan nama tersebut belum muncul juga....untungnya kami langsung TAKE ACTION, apajadinya seandainya kami masih menunggu pendirian PT terlebih dahulu, mungkin sampai dengan sekarang kita tidak akan melihat TK ini. Rupaya modal berani adalah modal pertama kami, jika seandainya juga kami terkungkung oleh biaya investasi yang tidak sedikit ini tentu TK ini belum ada sampai detik ini. So, benar prinsip 4 M nya pak Purdi untuk memulai sebuah usaha yaitu :
1. Mulai
2. Mulai
3. Mulai
4. Mulai

Kekuatan pikiran ternyata menjadi faktor utama berdirinya TK ini, keuntungan usaha dijalankan lebih dari satu orang adalah terjaganya semangat dan motivasi, jika diantara kami ada yang kurang yakin atas usaha ini maka teman yang lain akan memotivasi sehingga keyakinan keberhasilan bisnis ini tetap terjaga. Tidak mudah memang menjaga motivasi ini, butuh usaha ekstra keras apalagi saya yang masih dalam zona kenyamanan dimana setiap hari bertemu dengan orang2 yang dominan otak kiri nya. Target kami untuk tahun ini adalah 50 siswa, diantara kami ada yakin dan ada yang tidak yakin termasuk saya sendiri, ternyata setelah melihat semangat teman yang lain maka pikiran saya 1,5 bulan terakhir hanya ada kata2 50 siswa-50 siswa dan 50 siswa. Alhamdulillah kekuatan pikiran ini menunjukan kekuatannya, ternyata pikiran positif kita dengan sendirinya memancarkan hawa2 positif ke sekelilingnya dan otomatis mencai jalan untuk mewujudkan mimpi tersebut, tidak masuk logika memang tapi harus dibuktikan.

Selama bulan Februari s.d April, posisi para Owner adalah sebagai self employee atau posisi "IN BUSINESS" dimana kami bekerja mencari tempat usaha, mengurus perijinan baik ke tetangga maupun ke pemda, mengurus marketing ke koran,radio,brosur,reklame dan buka stan pameran di mall. Akan tetapi kami mentargetkan tidak selamanya "IN BUSINESS", kami harus "ON BUSINESS" dengan merekrut karyawan yang akan menjalankan sistem yang sudah kita bentuk. Sehingga para Owner berada posisi mengawasi dan evaluasi terhadap sistem yang berjalan.

Cukup simple bukan tapi yang menjadi masalah adalah kesolidan kita dengan para staff pengajar. Ilmu ini ternyata kami praktekan dari ilmunya Pak Purdi sewaktu seminar beberapa bulan yang lalu.

Ok...pembaca mungkin ada inspirasi yang bisa diambil dari tulisan ini semoga bermanfaat.

Salam FUNtastic...

Wasalam,

No comments: